Beranda » Blog » Daftar Alat Medis Beserta Fungsinya – Bagian Pertama

Daftar Alat Medis Beserta Fungsinya – Bagian Pertama

Diposting pada 3 April 2023 oleh SulthanMedic / Dilihat: 1.242 kali / Kategori:

Alat kesehatan adalah instrumen, aparatus, mesin, implan yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, mengobati dan memantau kondisi, merawat orang sakit serta memulihkan kesehatan pada manusia dan atau untuk membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh. Peralatan medis merupakan salah satu faktror penting dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan baik dirumah sakti maupun fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Ini termasuk dalam hal-hal seperti peralatan bedah, jarum suntik, sarung tangan, alat pacu jantung, inkubator bayi dll.

Dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya memerlukan peralatan medis yang berfungsi dengan baik untuk memberikan perawatan terbaik kepada pasien. Alat-alat ini, ketika beroperasi pada fungsionalitas puncak, memungkinkan profesional perawatan kesehatan untuk memantau kesehatan pasien mereka dengan lebih baik dan melakukan berbagai fungsi, baik itu di ruang gawat darurat, departemen bedah, atau klinik rawat jalan. Jika suatu peralatan gagal, maka kualitas perawatan pasien itu bisa tiba-tiba menurun, dan bahkan menimbulkan risiko bagi keselamatan pasien.

Selain peralatan medis yang digunakan dalam fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, peralatan medis juga bisa digunakan di rumah yang ditujukan untuk pengguna di lingkungan apa pun di luar fasilitas kesehatan profesional. Ini termasuk perangkat yang dimaksudkan untuk digunakan baik di fasilitas kesehatan profesional maupun di rumah. Adapun perangkat yang sering ditemui di dalam rumah seperti, termometer, timbangan badan, tensimeter, alat cek darah dll.

Berikut ini adalah 80 daftar alat medis beserta fungsinya lengkap dengan gambar.

 

pengertian glukometer

1. Alat Cek Darah

Alat ukur darah adalah perangkat medis yang digunakan untuk mengukur tekanan darah seseorang. Alat ini juga dikenal sebagai sphygmomanometer atau tensimeter. Alat ukur darah biasanya terdiri dari manometer, manset (selang karet yang dipasang di lengan), dan pompa yang digunakan untuk memompa udara ke dalam manset.

Proses pengukuran tekanan darah dimulai dengan memasang manset pada lengan atas seseorang. Kemudian, pompa diaktifkan untuk memompa udara ke dalam manset, yang akan membuat manset mengencang di sekitar lengan. Setelah itu, udara perlahan dilepaskan dari manset dan tekanan darah diukur oleh manometer.

Alat ukur darah biasanya digunakan oleh tenaga medis seperti dokter atau perawat untuk mengukur tekanan darah pasien. Namun, ada juga alat ukur darah yang dirancang untuk digunakan sendiri di rumah. Ini dikenal sebagai alat ukur tekanan darah digital atau otomatis, yang lebih mudah digunakan dan memberikan hasil yang akurat.

BagiBagi penderita diabetes atau diabetisi alat cek darah merupakan benda yang penting untuk mengontrol gula darah, karena penderita diabetes memiliki kewajiban melakukan pemantauan gula darah dapat sangat terbantu dengan adanya alat ini sehingga penderita tidak perlu bolak-balik ke rumah sakit untuk cek gula darah.

Selain digunakan untuk mengukur kadar gula darah juga dapat digunakan untuk mengukur kadar asam urat dan kolesterol dalam darah.

pengertian tensimeter

2. Tensimeter

Tensimeter, juga dikenal dengan sebutan sphygmomanometer, adalah alat medis yang digunakan untuk mengukur tekanan darah seseorang. Alat ini terdiri dari manset yang dapat diinflasi dan dibungkus di sekitar lengan atas, serta sebuah pengukur tekanan atau kolom raksa yang menunjukkan tekanan dalam manset.

Untuk menggunakan tensimeter, manset diinflasi hingga memutus aliran darah di lengan. Tekanan kemudian perlahan dilepaskan, dan petugas kesehatan mendengarkan suara aliran darah melalui arteri dengan menggunakan stetoskop atau mendeteksi denyut nadi secara elektronik. Bacaan tekanan ketika suara aliran darah pertama kali terdengar atau denyut nadi terasa disebut tekanan darah sistolik, dan bacaan tekanan ketika suara atau denyut nadi menghilang disebut tekanan darah diastolik.

Tekanan darah adalah indikator penting dari kesehatan secara keseluruhan dan dapat dipengaruhi oleh faktor seperti usia, gaya hidup, dan kondisi medis yang mendasar. Monitoring tekanan darah secara teratur dengan menggunakan tensimeter dapat membantu mengidentifikasi dan mengelola masalah kesehatan potensial.

Tekanan darah pada manusia menjadi satu ukuran yang menentukan tinggi rendahnya darah seseorang, adapun beberapa faktor yang mampu mempengaruhi meningkatnya tekanan darah seperti melakukan aktivitas yang berat, mengkonsumsi kafein, pengaruh obat-obatan stres dll.

Tensimeter berguna untuk mengukur tekanan darah, dengan mengetahui berapa tekanan darah kita dapat menilai apakah tekanan tensi darah kita normal atau tidak. Pada umumnya tekanan darah normal manusia dewasa adalah 100-130 mmHg untuk tekanan sitolik dan 60-90 mmHg untuk tekanan diastolik. Tensimeter dibagi menjadi 3 macam yaitu Tensimeter Air Raksa, Tensimeter Aneroid dan Tensimeter Digital, ketiganya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengukur tekanan darah.

Tensimeter Air Raksa
Tensimeter Air Raksa sebenarnya sudah jarang dipakai diluar negeri, karena alat ini menggunakan air raksa sebagai pengisi alat ukur, jika alat ini sampai pecah maka akan berbahaya jika terkena kulit atau saluran pernapasan. Di indonesia pun juga sudah tidak digunakan atau diproduksi lagi karena sudah dilarang oleh kementerian kesehatan.

Tensimeter Aneroid
Tensimeter ini bekerja secara manual terdiri dari beberapa bagian yaitu manset, selang penyambung, balon pompa dan meteran. Tekanan darah yang diukur dengan menggunakan alat ini ditunjukan melaui meteran dengan jarum sebagai penunjuknya.

Tensimeter Digital
Lebih modern dan akurat, dengan pemakaian yang mudah hasilnya pun terlihat jelas di monitor LCD. Tensimeter digital menggunakan sensor sebagai alat pendeteksinya sehingga baik untuk di pakai.

pengertian termometer medis

3. Termometer Medis

Termometer medis adalah alat medis yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia. Alat ini biasanya menggunakan skala Celsius atau Fahrenheit dan terdiri dari probe atau sensor yang dimasukkan ke dalam tubuh atau dijepit pada permukaan tubuh, serta unit pengukuran yang menunjukkan suhu yang terukur.

Terdapat beberapa jenis termometer medis, antara lain termometer oral, rektal, aksila (ketiak), telinga (tympanic), dan dahi (temporal). Termometer oral dimasukkan ke dalam mulut, termometer rektal dimasukkan ke dalam anus, termometer aksila ditempatkan di bawah ketiak, termometer telinga dimasukkan ke dalam telinga, dan termometer dahi ditempatkan di dahi.

Pengukuran suhu tubuh dapat memberikan petunjuk tentang kondisi kesehatan seseorang, seperti adanya infeksi atau inflamasi. Suhu normal tubuh manusia berkisar antara 36-37,5 derajat Celsius atau 97-99,5 derajat Fahrenheit. Dalam situasi medis tertentu, seperti ketika seseorang mengalami demam atau hipotermia, pengukuran suhu tubuh yang akurat sangat penting untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Termometer medis memiliki berbagai jenis seperti termometer air raksa, termometer kristal cair, termometer digital dan termometer inframerah.

apa itu Stetoskop

4. Stetoskop

Stetoskop adalah alat medis yang digunakan untuk mendengarkan suara-suara internal tubuh manusia, terutama suara-suara yang berasal dari jantung dan paru-paru. Alat ini terdiri dari tabung fleksibel dan dua earpiece (penutup telinga) yang terhubung ke lubang-lubang kecil di ujung tabung.

Untuk menggunakan stetoskop, earpiece dimasukkan ke telinga petugas kesehatan, sementara tabung diarahkan ke area tubuh yang ingin didengar suaranya, seperti jantung atau paru-paru. Suara dari organ internal yang sedang didengarkan kemudian diperkuat dan diteruskan ke telinga petugas kesehatan melalui tabung dan earpiece.

Stetoskop merupakan alat yang sangat penting bagi petugas kesehatan, karena dapat membantu dalam diagnosis dan pengawasan kondisi medis tertentu, seperti kelainan jantung, penyakit paru-paru, dan infeksi. Stetoskop juga dapat membantu petugas kesehatan memonitor pernapasan, denyut jantung, dan suara peristaltik (gerakan usus) dalam tubuh pasien.

 

jenis-jenis nebulizer

5. Nebulizer

Nebulizer adalah alat medis yang digunakan untuk mengubah obat cair atau larutan menjadi uap halus agar dapat dengan mudah dihirup ke dalam saluran pernapasan, terutama pada kasus penyakit saluran napas seperti asma, bronkitis, atau emfisema. Nebulizer terdiri dari tabung kompresor yang menghasilkan udara bertekanan tinggi dan berisi obat, serta masker atau mouthpiece untuk menghirup uap obat yang dihasilkan.

Cara kerja nebulizer adalah dengan menyemprotkan obat dalam bentuk uap halus ke dalam saluran pernapasan melalui masker atau mouthpiece. Partikel-partikel obat yang dihasilkan oleh nebulizer akan menempel di saluran pernapasan dan membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki fungsi paru-paru pada pasien yang mengalami penyakit saluran napas.

Nebulizer sering digunakan oleh orang-orang dengan kondisi saluran napas yang kronis, termasuk orang-orang dengan asma, bronkitis, atau emfisema. Dalam beberapa kasus, nebulizer juga digunakan untuk mengobati infeksi saluran napas, seperti pneumonia atau bronkiolitis.

Penggunaan nebulizer harus dilakukan dengan resep dari dokter dan di bawah pengawasan petugas kesehatan yang terlatih. Hal ini karena dosis dan jenis obat yang diberikan melalui nebulizer harus disesuaikan dengan kondisi medis pasien secara spesifik.

harga timbangan badan digital

6. Timbangan Badan

Timbangan badan merupakan alata yang digunakan di rumah menampilkan berat badan dengan dial atau di layar digital. Timbangan badan memiliki beberapa jenis dan cara kerjanya yang berbeda yaitu dengan pegas dan secara elektronik. Secara umum, timbangan badan digital lebih akurat daripada timbangan manual. Tetapi untuk pembacaan yang paling akurat, timbangan badan jenis apa pun harus diatur dengan benar dan digunakan secara konsisten.

cara menggunakan pulse oximeter

7. Pulse Oximeter

Oksimeter, juga dikenal sebagai pulse oximeter, adalah alat medis yang digunakan untuk mengukur tingkat oksigen dalam darah. Alat ini bekerja dengan mengirimkan sinar inframerah melalui ujung jari atau bagian tubuh lainnya, dan kemudian mendeteksi seberapa banyak cahaya yang dipantulkan oleh sel-sel darah merah yang membawa oksigen.

Oksimeter biasanya terdiri dari dua bagian, yaitu probe yang terpasang pada ujung jari atau bagian tubuh lainnya, dan unit display yang menunjukkan hasil pengukuran. Penggunaan oksimeter yang mudah dan nyaman memungkinkan orang untuk memantau tingkat oksigen dalam darah mereka sendiri di rumah.

Pengukuran oksimeter sangat penting untuk memantau pasien yang mengalami kondisi medis yang mempengaruhi tingkat oksigen dalam darah, seperti pneumonia, emfisema, atau serangan asma. Hal ini karena penurunan tingkat oksigen dalam darah dapat menyebabkan masalah pernapasan yang serius dan berpotensi mengancam nyawa.

Oksimeter juga sering digunakan oleh petugas kesehatan di rumah sakit dan pusat perawatan untuk memantau pasien yang sedang dalam perawatan atau mengalami cedera serius, seperti kecelakaan mobil atau luka bakar. Alat ini sangat membantu dalam mengidentifikasi gejala hipoksia (kekurangan oksigen) pada pasien dan memberikan perawatan yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut.

apa itu peak flow meter

8. Peak Flow Meter

Peak flow meter adalah alat medis sederhana yang digunakan untuk mengukur kecepatan aliran udara yang keluar dari paru-paru seseorang saat bernapas dengan kuat. Alat ini biasanya digunakan oleh orang dengan penyakit saluran napas, seperti asma, untuk membantu memantau kondisi pernapasan mereka dan menentukan apakah mereka memerlukan pengobatan tambahan atau perawatan darurat.

Cara kerja peak flow meter adalah dengan meminta pasien untuk menghirup udara dalam-dalam dan kemudian meniupkan udara dengan sekuat mungkin melalui alat tersebut. Alat tersebut akan menunjukkan hasil pengukuran berupa angka yang menunjukkan kecepatan aliran udara maksimum yang pasien mampu hasilkan.

Hasil pengukuran peak flow meter dapat membantu pasien dan dokter dalam mengontrol kondisi pernapasan, dan dapat membantu mengidentifikasi gejala awal dari serangan asma atau kondisi pernapasan lainnya. Pasien dapat menggunakan peak flow meter secara teratur di rumah untuk memantau perubahan dalam fungsi pernapasan mereka dan memberi tahu dokter jika ada perubahan yang signifikan.

Penggunaan peak flow meter dapat membantu pasien dengan penyakit saluran napas untuk mengambil tindakan yang tepat dan mencegah serangan asma atau kondisi pernapasan lainnya yang lebih serius. Alat ini biasanya tersedia di apotek dan dapat digunakan dengan mudah tanpa bantuan medis.

cara pakai colostomy bag

9. Colostomy Bag

Colostomy bag adalah sebuah kantung yang digunakan untuk menampung tinja seseorang yang telah menjalani operasi kolostomi. Kolostomi adalah prosedur medis yang dilakukan untuk membuat saluran buang air besar (kolon) seseorang keluar melalui dinding perut, sehingga tinja dapat keluar dan dikumpulkan dalam kantung tersebut.

Colostomy bag biasanya terbuat dari bahan yang aman dan tahan air, seperti plastik. Kantung ini dapat dilekatkan pada perut seseorang dengan menggunakan perekat khusus dan dipakai sepanjang waktu, sehingga tinja yang keluar dari kolon dapat langsung masuk ke dalam kantung.

Colostomy bag biasanya digunakan oleh orang yang mengalami kondisi medis tertentu, seperti kanker usus besar, penyakit Crohn, atau divertikulitis. Kantung ini dapat membantu mereka untuk mengatasi masalah kesehatan yang mereka alami dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

apa itu fetal doppler

10. Fetal Doppler

Fetal doppler adalah alat medis yang digunakan untuk mendeteksi detak jantung janin di dalam rahim ibu. Alat ini bekerja dengan memancarkan gelombang ultrasonik yang dipantulkan kembali oleh jantung janin, dan kemudian dikonversi menjadi suara oleh alat tersebut.

Fetal doppler biasanya digunakan oleh dokter kandungan selama pemeriksaan kehamilan untuk memastikan bahwa janin sedang berkembang dengan normal. Alat ini juga dapat digunakan oleh orang tua untuk mendengarkan detak jantung janin di rumah.

Penggunaan fetal doppler di rumah harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tepat, karena jika tidak digunakan dengan benar, dapat mengakibatkan kesalahan interpretasi dan ketidaknyamanan pada janin. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan fetal doppler di bawah pengawasan dokter kandungan yang berpengalaman.

Sementara fetal doppler yang digunakan di rumah bagi banyak calon orang tua, ada beberapa masalah keamanan. Pada tahun 2014, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau Food and Drug Administration (FDA) menyarankan agar tidak menggunakan fetal doppler secara individu. Satu-satunya waktu Anda harus menggunakan doppler, FDA mengatakan, adalah ketika seorang dokter menggunakannya, dalam hal ini diperlukan secara medis.

 

cara pakai alat bantu dengar

11. Hearing Aid / Alat Bantu Dengar

Hearing aid adalah sebuah alat bantu dengar yang digunakan untuk memperbaiki kemampuan pendengaran seseorang yang mengalami gangguan pendengaran. Alat ini bekerja dengan memperkuat suara dari lingkungan sekitar dan mengirimkan suara tersebut ke telinga.

Hearing aid umumnya terdiri dari mikrofon, penguat suara, dan speaker. Mikrofon berfungsi untuk menangkap suara dari lingkungan sekitar, kemudian suara tersebut diperkuat oleh penguat suara sebelum diantar ke speaker. Speaker kemudian mengirimkan suara yang diperkuat ke telinga.

Hearing aid memiliki berbagai jenis dan model yang berbeda, dari model yang cukup sederhana hingga model yang canggih dan dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Bluetooth, noise reduction, dan pengaturan volume otomatis. Beberapa model juga dirancang untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan khusus, seperti untuk mengatasi gangguan pendengaran tipe tertentu.

Hearing aid dapat membantu seseorang yang mengalami gangguan pendengaran untuk kembali dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar secara lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Namun, sebelum menggunakan hearing aid, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT untuk memastikan penggunaan alat tersebut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pengguna.

Alat bantu dengar memiliki tiga bagian dasar yaitu microphone, amplifier, dan receiver. Alat bantu dengar menerima suara melalui microphone, yang mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan mengirimkannya ke amplifier. Amplifier meningkatkan kekuatan sinyal dan kemudian mengirimkannya ke telinga melalui receiver.

Alat bantu dengar memiliki model dan gaya yang berbeda dari yang terbesar hingga yang terkecil

  • Behind-the-ear (BTE)
  • In-the-ear (ITE)
  • In-the-canal (ITC)
  • Completely-in-the-canal (CIC)
Stature Meter / Alat Ukur Tinggi Badan

12. Alat Ukur Tinggi Badan

Stadiometer atau stature meter adalah peralatan medis yang digunakan untuk mengukur tinggi badan manusia. Biasanya terdiri dari penggaris yang dipasang secara vertikal di dinding, dengan potongan horizontal bergerak yang dapat disesuaikan untuk diletakkan di atas kepala. Stature meter digunakan dalam pemeriksaan medis, uji klinis dan eksperimen.

apa itu alkohol detektor

13. Alcohol Detector

Alcohol detector adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi kadar alkohol dalam hembusan nafas seseorang. Alat ini bekerja dengan memancarkan sinar inframerah ke dalam sampel nafas seseorang, kemudian mengukur jumlah cahaya yang dipantulkan kembali oleh molekul alkohol dalam sampel tersebut. Dari hasil pengukuran tersebut, alat dapat menentukan kadar alkohol dalam nafas seseorang.

Alcohol detector digunakan untuk membantu mengidentifikasi apakah seseorang telah mengonsumsi alkohol dan apakah kadar alkohol dalam tubuhnya melebihi batas yang diizinkan. Alat ini sering digunakan oleh petugas keamanan dan penegak hukum, seperti polisi, untuk melakukan pengujian pada pengemudi yang dicurigai mengemudi dalam keadaan mabuk.

Alcohol detector tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran, dari alat yang kecil dan mudah dibawa-bawa hingga alat yang lebih besar dan kompleks. Beberapa jenis alat juga dapat dihubungkan dengan komputer atau perangkat mobile untuk memantau dan merekam hasil pengujian secara lebih akurat dan efisien.

Perangkat ini menguji menggunakan jumlah alkohol dalam napas yang dihembuskan untuk menghitung atau memperkirakan kandungan alkohol dalam darah seseorang, atau juga dikenal sebagai blood alcohol content (BAC).

tips merawat humidifier

14. Humidifier

Humidifier atau pelembab udara adalah alat yang berfungsi untuk menambah kelembapan udara di dalam ruangan. Umumnya, alat ini digunakan di dalam rumah atau kantor yang ber-AC. Humidifier menambahkan kelembapan ke udara, yang dapat bermanfaat bagi orang dengan gejala pernapasan atau kulit kering.

Humidifier bisa menjadi cara yang baik untuk menambahkan kelembapan udara dalam ruangan, tetapi ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan seperti bertumbuhnya bakteri, tungau dan jamur. Maka dari itu selalu rutin membersihkan humidifier udara secara menyeluruh. Jika pelembab udara memiliki filter, pastikan untuk sering menggantinya.

air purifier vs humidifier

15. Air Purifier

Air purifier merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan udara dengan menghilangkan atau dengan kata lain menonaktifkan polutan atau alergen dalam ruangan. Air purifier biasanya berisi setidaknya satu filter dan kipas. Saat udara melewati perangkat, filter akan menangkap partikel halus, seperti debu, asap, dan polutan serta alergen lainnya. Kemudian alat akan mensirkulasikan udara bersih kembali ke dalam ruangan. Berbeda dengan Humidifier yang dapat melelmbabkan ruangan, air purifier hanya membersihkan udara dalam ruangan dan tidak menambah kelembapanudara.

jenis-jenis tes kehamilan

16. Test Kehamilan

Test pack atau tes kehamilan adalah cara untuk menentukan apakah seorang wanita hamil dengan melihat jumlah human chorionic gonadotropin (hCG) dalam tubuh. Tes kehamilan bekerja dengan memeriksa urin (kencing) untuk hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (HCG). Tubuh hanya membuat hormon HCG ketika seseorang sedang hamil. HCG dilepaskan ketika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim pada saat kehamilan dimulai.

Sebagian besar tes kehamilan di rumah memiliki akurasi tinggi 97% hingga 99% dengan syarat saat menggunakannya sesuai petunjuk. Hasil positif dapat dipercaya, tetapi bisa mendapatkan hasil negatif di awal kehamilan.

tes HIV AIDS

17. Test HIV

Alat Tes HIV Tes untuk memeriksa infeksi human immunodeficiency virus (HIV). HIV adalah virus yang menyebabkan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS). Jenis tes HIV yang paling umum disebut tes antibodi HIV, yang memeriksa antibodi terhadap HIV dalam sampel darah, urin, atau cairan dari mulut.

support ortopedi

18. Support dan Penunjang Ortopedi

Support ortopedi adalah perangkat medis yang dirancang untuk mengatasi masalah muskuloskeletal, support ortopedi dapat digunakan untuk menyelaraskan, memperbaiki posisi, menopang, menstabilkan, dan melindungi bagian tubuh tertentu (terutama otot, sendi, dan tulang) saat mereka sembuh dari cedera atau trauma. Support atau penyangga ortopedi memiliki berbagai tipe dan jenis seperti penyangga kaki, penyangga tangan, penyangga leher, penyangga tulang belakang dll.

macam-macam kursi roda

19. Kursi Roda

Kursi roda adalah sebuah alat bantu mobilitas yang dirancang untuk membantu orang yang memiliki gangguan atau kelemahan fisik untuk bergerak dan melakukan aktivitas sehari-hari. Kursi roda terdiri dari sebuah kursi yang dilengkapi dengan roda dan kemudi, serta didukung oleh rangka yang terbuat dari logam atau bahan sintetis yang ringan dan kokoh.

Kursi roda digunakan oleh orang-orang yang memiliki berbagai macam kondisi yang membatasi kemampuan bergerak mereka, seperti cacat fisik, kerusakan otot atau saraf, atau kondisi medis lainnya yang mempengaruhi kemampuan berjalan mereka. Kursi roda dapat digunakan di dalam ruangan, di luar ruangan, dan di berbagai jenis permukaan.

Kursi roda tersedia dalam berbagai jenis dan model yang berbeda, mulai dari model yang dilengkapi dengan motor listrik hingga model yang dapat dilipat dan mudah dibawa-bawa. Beberapa model kursi roda juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan, seperti kursi yang dapat diatur posisinya, sandaran kepala, atau pengaman tali pinggang.

Kursi roda dapat membantu seseorang yang memiliki gangguan atau kelemahan fisik untuk tetap mandiri dan aktif dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, penggunaan kursi roda yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan kondisi pengguna dapat menyebabkan cedera atau kerusakan pada tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli terkait sebelum menggunakan kursi roda dan memilih kursi roda yang tepat untuk kebutuhan dan kondisi pengguna.

tongkat ketiak

20. Tongkat Kruk

Tongkat Kruk adalah salah satu jenis alat bantu jalan yang berfungsi untuk meningkatkan ukuran dasar penopang individu. Alat ini dapat mentransfer berat badan dari kaki ke tubuh bagian atas dan sering digunakan oleh orang-orang yang tidak dapat menggunakan kaki mereka untuk menopang berat badan mereka (yaitu cedera jangka pendek hingga cacat seumur hidup). Ada tiga jenis kruk yang sering dijual di pasaran seperti tongkat kruk ketiak, kruk siku dan kruk talang.

tongkat jalan orang tua

21. Tongkat Jalan

Walking stick atau tongkat jalan merupakan alat bantu jalan yang dapat meningkatkan keseimbangan dan stabilitas. Tongkat jalan membantu seseorang mempertahankan postur yang benar, terutama di punggung atas, dan dapat membantu memperkuat otot punggung atas. Tongkat jalan juga dapat menghilangkan sebagian beban dari punggung bawah, pinggul, dan lutut, yang mungkin berguna jika Anda menderita radang sendi atau masalah punggung.

walker alat bantu jalan

22. Walker dan Rollator

Walker atau Rollator adalah alat bantu mobilitas yang dirancang untuk membantu seseorang yang memiliki gangguan atau kelemahan fisik untuk bergerak dan melakukan aktivitas sehari-hari. Rollator terdiri dari rangka yang terbuat dari logam atau bahan sintetis yang ringan dan kokoh, serta dilengkapi dengan empat roda, pegangan tangan, dan kursi kecil.

Rollator sering digunakan oleh orang-orang yang memiliki kondisi fisik yang membatasi kemampuan bergerak mereka, seperti gangguan keseimbangan, cacat fisik, atau kelemahan otot. Alat ini membantu pengguna untuk menjaga keseimbangan dan memberikan dukungan saat berjalan atau berdiri.

Rollator memiliki beberapa fitur yang membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk alat bantu mobilitas, termasuk pengaturan ketinggian yang mudah disesuaikan, roda yang mudah diputar dan dikunci, serta kursi kecil yang dapat digunakan untuk beristirahat saat berjalan. Beberapa model rollator juga dilengkapi dengan keranjang atau tas yang dapat digunakan untuk membawa barang bawaan saat berjalan.

Rollator dapat membantu meningkatkan kemandirian dan kualitas hidup seseorang yang memiliki gangguan atau kelemahan fisik. Namun, seperti halnya dengan alat bantu mobilitas lainnya, rollator harus digunakan dengan benar dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli terkait sebelum menggunakan rollator dan memilih model yang sesuai untuk kebutuhan dan kondisi pengguna.

kursi bab commode chair

23. Commode Chair

Commode chair adalah alat bantu kesehatan yang dirancang untuk membantu orang yang mengalami gangguan atau kelemahan fisik dalam melakukan kegiatan buang air kecil dan besar. Commode chair sering digunakan oleh orang-orang yang memiliki kesulitan untuk bergerak ke kamar mandi atau toilet, atau yang mengalami inkontinensia.

Commode chair terdiri dari sebuah kursi dengan lubang di bagian tengah yang dapat diangkat, sehingga pengguna dapat buang air kecil atau besar dengan nyaman. Kursi ini juga dilengkapi dengan tempat pembuangan atau wadah yang dapat dibuang setelah digunakan, serta pegangan untuk membantu pengguna untuk duduk dan bangkit dari kursi.

Commode chair tersedia dalam berbagai jenis dan model yang berbeda, mulai dari model yang sederhana hingga model yang lebih canggih dengan fitur-fitur tambahan seperti roda, kursi yang dapat diatur ketinggiannya, dan sandaran lengan. Beberapa model commode chair juga dilengkapi dengan kursi yang dapat dilipat sehingga mudah disimpan atau dibawa-bawa.

Commode chair membantu orang yang mengalami gangguan atau kelemahan fisik untuk lebih mandiri dalam melakukan kegiatan buang air kecil dan besar, serta membantu mengurangi risiko jatuh atau cedera. Namun, penggunaan commode chair yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan kondisi pengguna dapat menyebabkan cedera atau infeksi. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli terkait sebelum menggunakan commode chair dan memilih model yang tepat untuk kebutuhan dan kondisi pengguna.

alat pijat elektrik beurer

24. Tapping Massager

Tapping massager adalah alat pijat elektronik yang menggunakan teknik pemukulan atau tapping untuk meredakan ketegangan otot dan memperbaiki sirkulasi darah pada tubuh. Alat ini terdiri dari kepala pijat yang bergetar secara cepat dan kuat untuk memberikan sensasi seperti dipukul-pukul pada otot yang terkonsentrasi.

Tapping massager biasanya dilengkapi dengan beberapa mode dan intensitas yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna, serta dilengkapi dengan pegangan yang ergonomis dan nyaman dipegang. Beberapa model juga memiliki pengaturan suhu atau fungsi pijat yang berbeda, seperti pijatan getar atau pijatan tekanan.

Tapping massager dapat membantu meredakan ketegangan otot, mengurangi rasa sakit, meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu pengguna merasa lebih rileks dan nyaman. Alat ini juga dapat digunakan untuk meredakan ketegangan otot pada berbagai bagian tubuh, seperti punggung, leher, bahu, dan kaki.

Meskipun tapping massager relatif aman dan mudah digunakan, penggunaan yang tidak tepat atau terlalu lama dapat menyebabkan cedera atau iritasi pada kulit atau otot. Oleh karena itu, sebelum menggunakan tapping massager, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli terkait terlebih dahulu dan mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar.

TENS/EMS / Stimulasi Saraf

25. TENS/EMS / Stimulasi Saraf

Transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS) adalah perangkat yang mengirimkan arus listrik kecil ke bagian tubuh yang ditargetkan. Arus ini digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Beberapa unit TENS dirancang untuk digunakan di rumah sakit, fasilitas kesehatan serta dapat digunakan di rumah. Bantalan perekat, yang dikenal sebagai elektroda, ditempatkan langsung pada kulit. Saat alat dihidupkan, elektroda mengirimkan sinyal listrik bertegangan rendah ke tubuh, frekuensi dan intensitas sinyal ini dapat diatur sesuai kebutuhan.

Sedangkan electronic muscle stimulation (EMS) adalah terapi fisik dan teknik kebugaran. Seperti TENS, ini melibatkan perangkat yang mentransmisikan arus listrik melalui elektroda yang diterapkan langsung ke kulit. Tidak seperti TENS, elektroda dari perangkat EMS diterapkan pada kelompok otot utama. Kelompok otot yang umum digunakan EMS adalah paha depan setelah operasi lutut.

terapi lampu inframerah

26. Lampu Inframerah

Terapi lampu inframerah adalah salah satu dari beberapa terapi inovatif yang sedang diujicobakan untuk pengelolaan pasien dengan nyeri akut atau kronis. Terapi ini menggunakan panjang gelombang cahaya tertentu yang dikirimkan ke bagian tubuh yang mengalami cedera. Tidak seperti sinar ultraviolet yang memiliki efek merusak pada jaringan dan sel-sel tubuh, sinar inframerah membantu sel-sel meregenerasi atau memperbaiki diri. Sinar inframerah juga meningkatkan sirkulasi darah kaya oksigen dalam tubuh, mempercepat penyembuhan jaringan dalam dan menghilangkan rasa sakit.

bantal pemanas

27. Heating Pad

Heating pad atau bantal pemanas dapat membantu meredakan sakit dan nyeri, serta mengurangi kekakuan pada otot dan persendian. Ini adalah salah satu cara untuk memberikan terapi panas, atau termoterapi. Menggunakan bantalan pemanas dapat membantu meringkankan gangguan seperti sakit punggung, sakit leher, kram saat menstruasi, gejala migrain, rasa sakit setelah cedera dan nyeri artritis.

alat bekam pengobatan alternatif

28. Alat Bekam

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif kuno di mana seorang terapis meletakkan cangkir khusus pada kulit selama beberapa menit untuk menciptakan isapan. Seseorang menggunakan terapi ini biasanya untuk berbagai tujuan, termasuk untuk membantu dengan rasa sakit, peradangan, aliran darah, relaksasi dan kesejahteraan, dan sebagai jenis pijat jaringan dalam.

hot water bag untuk pegal pegal

29. Hot Water Bag

Hot Water Bag merupakan produk medis berbahan karet sintetis yang banyak direkomendasikan untuk tujuan memberikan kehangatan pada otot. biasanya alat ini membantu meredakan nyeri, meringankan ketidaknyamanan melalui aplikasi panas lokal. Secara tradisional, kantong atau wadah air panas terbuat dari karet dan diisi dengan air panas. Kantong atau wadah juga memiliki sumbat di mulutnya (untuk menghindari tumpah atau bocor).

ice bag kompres es

30. Ice Bag

Ice Bag merupakan alat kompres pada bagian tubuh untuk mengatasi rasa sakit seperti memar, gejala panas, serta kompres untuk cidera saat berolahraga. Karena kompres es dianggap sebagai pengobatan rumahan, ada berbagai cara untuk menggunakan perawatan ini salah satunya menggunakan kantong untuk membungkus es.

 

perbedaan cpap dan bipap

31. Mesin CPAP/BiPAP

CPAP atau Continuous Positive Airway Pressure paling sering digunakan untuk perawatan apnea tidur obstruktif. Udara yang di alirkan dari mesin CPAP membantu untuk menjaga jalan napas tetap terbuka dan bebas dari halangan. Sedangkan BiPAP adalah jenis yang lebih kompleks dari mesin terapi tidur yang digunakan ketika CPAP tidak dapat ditoleransi, jalan nafas tidak dapat terbuka secara memadai dengan CPAP, atau ketika pasien memiliki apnea tidur sentral.

Perbedaan antara BiPAP dan CPAP adalah bahwa mesin CPAP menggunakan tekanan terus menerus dan stabil (contiuous), terlepas apakah pasien menghirup atau menghembuskan napas. Sementara BiPAP menawarkan pengaturan tekanan ganda yaitu inhalasi dan ekshalasi. Inhalasi memiliki tekanan lebih tinggi dan mendukung saluran napas seperti yang diambil dalam. sebaliknya, Ekshalasi adalah tekanan yang lebih rendah yang memungkinkan pasien untuk mengeluarkan napas.

alat co analyzer

32. Co Analyzer

Co Analyzer adalah alat yang digunakan untuk mengukur konsentrasi karbon monoksida (CO) dalam udara. CO adalah gas beracun yang tidak berwarna dan tidak berbau yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar seperti gas alam, minyak bumi, kayu, dan batu bara. Gas ini dapat berbahaya jika terhirup dalam jumlah yang tinggi, dapat menyebabkan keracunan dan bahkan kematian.

Co Analyzer digunakan secara luas oleh para profesional di berbagai bidang, seperti industri, kesehatan, dan lingkungan. Alat ini bekerja dengan mengambil sampel udara dan menganalisisnya menggunakan teknologi sensor yang dapat mendeteksi keberadaan CO dalam udara. Hasil pengukuran kemudian ditampilkan pada layar alat dalam satuan ppm (part per million).

Penggunaan Co Analyzer sangat penting dalam menjaga kesehatan dan keselamatan manusia dan lingkungan sekitarnya. Beberapa contoh penggunaannya termasuk pengukuran kualitas udara dalam gedung atau bangunan, penentuan tingkat paparan CO pada pekerja di pabrik atau industri, dan pengukuran kadar CO pada knalpot kendaraan untuk mengurangi polusi udara.

Dalam penggunaannya, Co Analyzer harus dioperasikan dengan hati-hati dan mengikuti petunjuk penggunaan yang benar agar dapat memberikan hasil pengukuran yang akurat dan dapat diandalkan. Alat ini juga harus di-kalibrasi secara berkala untuk memastikan keakuratannya. Alat ini dapat membantu keberhasilan orang dalam berhenti merokok.

penlight senter model pena

33. Pen Light

Penlight adalah alat penerangan portabel berukuran kecil yang sering digunakan oleh tenaga medis, paramedis, atau dokter hewan untuk memeriksa mulut, hidung, telinga, atau mata pasien. Penlight merupakan intrumen kedokteran yang berguna untuk memeriksa di daerah gelap seperti rongga mulut, telinga, dll. Penlight biasanya terbuat dari bahan logam atau plastik dengan sumber cahaya LED atau Xenon. Penlight atau senter model pena ini dibuat dengan bola lampu halogen mini atau lampu LED (light-emitting diode). Alat ini juga dapat digunakan untuk memeriksa refleks mata, penglihatan perifer, atau memeriksa kulit untuk mengetahui tanda-tanda pendarahan atau memar.

Penlight sangat berguna dalam bidang medis karena memungkinkan tenaga medis untuk memeriksa bagian tubuh yang sulit dijangkau dengan cahaya yang cukup dan fokus. Alat ini juga sangat berguna dalam bidang keperawatan dan kebidanan untuk membantu mengevaluasi kondisi pasien dan memantau gejala penyakit atau gangguan kesehatan.

Penlight tersedia dalam berbagai ukuran dan warna, dan beberapa model dilengkapi dengan pengaturan intensitas cahaya yang dapat disesuaikan. Beberapa model juga dilengkapi dengan aksesori tambahan, seperti lupa atau pengukur suhu untuk memudahkan pemeriksaan.

Meskipun penlight merupakan alat yang sederhana, namun penggunaannya sangat penting dalam bidang medis dan dapat membantu diagnosis dan pengobatan yang lebih akurat dan efektif.

Tidak seperti senter biasa yang menerangi area lebih luas, senter medis ini dirancang untuk menerangi satu area yang sangat spesifik dengan cahaya yang terang.

kasur anti decubitus

34. Kasur Anti Decubitus

Kasur anti-decubitus adalah jenis kasur khusus yang dirancang untuk mencegah atau mengurangi terjadinya luka tekan atau dekubitus pada pasien yang terbaring dalam waktu lama. Kasur Angin ini berbentuk gelombang-gelombang berisi tekanan udara yang memompa naik-turun menyesuaikan bidang tubuh, berat maupun posisi pasien yang berbaring diatasnya. Kasur anti-decubitus berfungsi untuk mencegah terjadinya borok atau luka di bagian tubuh pasien yang berbaring cukup lama.

Dekubitus terjadi ketika kulit dan jaringan di bawahnya terus-menerus terkena tekanan atau gesekan, yang dapat menyebabkan kerusakan dan luka terbuka. Pasien yang berada di rumah sakit atau panti jompo, khususnya mereka yang mengalami keterbatasan mobilitas, berisiko mengalami dekubitus. Biasanya bagi pasien yang stroke, koma dan lain-lain.

Kasur anti-decubitus terbuat dari bahan yang elastis dan fleksibel, sehingga dapat menyesuaikan bentuk tubuh pasien dan meminimalkan tekanan pada area tertentu. Kasur ini juga dilengkapi dengan pompa atau sistem ventilasi yang menghasilkan udara atau cairan yang bergerak di bawah permukaan kasur, membantu mengurangi tekanan pada kulit dan jaringan di bawahnya.

Ada beberapa jenis kasur anti-decubitus yang tersedia, termasuk kasur udara, kasur air, dan kasur busa dengan teknologi ventilasi. Beberapa model juga dilengkapi dengan sistem pemantauan tekanan yang memungkinkan tenaga medis untuk mengukur dan memantau tekanan pada kasur.

Penggunaan kasur anti-decubitus dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko terjadinya dekubitus pada pasien yang terbaring dalam waktu lama, dan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan bagi mereka yang sudah mengalami dekubitus. Namun, kasur anti-decubitus juga memerlukan perawatan dan perhatian khusus untuk menjaga kebersihan dan kinerjanya yang optimal.

sarung tangan steril untuk medis

35. Sarung Tangan Medis

Sarung tangan medis merupakan alat pelindung diri yang digunakan untuk melindungi pemakai atau pasien dari penyebaran infeksi atau penyakit selama prosedur dan pemeriksaan medis. Sarung tangan medis adalah salah satu bagian dari strategi pengendalian infeksi. Untuk menggunakan sarung tangan medis, gunakan sarung tangan medis jika tangan menyentuh cairan tubuh orang lain (seperti darah, sekret pernapasan, muntah, urin, atau feses), obat-obatan berbahaya tertentu, atau beberapa barang yang berpotensi terkontaminasi.

jenis masker medis

36. Masker Medis

Masker medis adalah produk kesehatan untuk menutupi hidung dan mulut pemakainya. Masker wajah digunakan sebagai kontrol sumber oleh masyarakat umum dan petugas kesehatan. Masker medis adalah alat kesehatan sekali pakai yang dapat menciptakan penghalang fisik antara mulut dan hidung pemakainya dan kontaminan potensial di lingkungan terdekat, ini efektif dalam memblokir percikan atau tetesan partikel seperti batuk atau bersin.

tisu alkohol

37. Alcohol Swabs

Alcohol swab atau tisu alkohol merupakan kapas yang dilapisi dengan alkohol murni, steril dan dikemas secara individual. Produk ini umumnya digunakan untuk mensterilkan perangkat medis sebelum injeksi dan sterilisasi pada bagian tubuh. Tisu alkohol sangat ideal dalam mencegah bakteri dan kuman masuk dan menginfeksi tempat luka yang mengakibatkan infeksi.

autoclave sterilisasi uap

38. Autoclave

Autoclave adalah alat sterilisasi yang digunakan dalam bidang medis dan laboratorium untuk membunuh mikroorganisme dan spora bakteri pada alat-alat medis atau laboratorium. Alat ini menggunakan uap air bertekanan dan suhu tinggi untuk membunuh bakteri, virus, jamur, dan spora yang mungkin terdapat pada alat-alat medis atau laboratorium.

Autoclave bekerja dengan cara menghasilkan uap air bertekanan yang masuk ke dalam ruang sterilisasi di dalam alat. Tekanan uap membuat suhu di dalam autoclave meningkat hingga mencapai 121-134 derajat Celsius, dan mempertahankan suhu tersebut selama beberapa waktu (biasanya 15-20 menit) untuk memastikan semua mikroorganisme terbunuh.

Autoclave tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas, dari yang kecil dan portabel hingga yang besar dan industri. Alat ini juga dilengkapi dengan sensor dan kontrol otomatis untuk memantau suhu dan tekanan di dalam ruang sterilisasi, sehingga memastikan proses sterilisasi berjalan dengan aman dan efektif.

Autoclave sangat penting dalam bidang medis dan laboratorium untuk mencegah penyebaran infeksi melalui alat-alat medis atau laboratorium yang tidak steril. Sterilisasi menggunakan autoclave juga sangat penting dalam prosedur operasi dan pembedahan, sehingga memastikan keamanan pasien dan staf medis.

Tiga faktor penting untuk memastikan keberhasilan sterilisasi uap dalam autoklaf adalah waktu, suhu, dan kualitas uap.

infusion pump untuk medis

39. Infusion Pump

Infusion pump atau pompa infus adalah alat medis yang digunakan untuk memberikan obat atau cairan intravena (IV) ke dalam tubuh pasien secara terprogram dan terkontrol. Alat ini digunakan ketika pasien membutuhkan pemberian obat atau cairan dalam dosis dan kecepatan tertentu, terutama pada pasien yang membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit atau unit perawatan intensif.

Infusion pump bekerja dengan cara mengatur aliran obat atau cairan melalui selang ke dalam pembuluh darah pasien melalui jarum atau kateter yang terpasang di pembuluh darah. Alat ini dilengkapi dengan berbagai sensor dan kontrol untuk memastikan dosis dan kecepatan pemberian obat atau cairan yang tepat, serta memantau tekanan darah pasien selama proses infus.

Infusion pump tersedia dalam berbagai jenis, seperti pompa gravitasi yang menggunakan gravitasi untuk mengalirkan cairan, pompa volumetrik yang mengukur jumlah cairan yang harus diinfuskan, dan pompa syringe yang menggunakan pompa piston untuk memberikan obat atau cairan dalam dosis yang sangat kecil dan tepat.

Penggunaan infusion pump sangat penting dalam memberikan perawatan yang tepat dan efektif pada pasien yang membutuhkan pemberian obat atau cairan intravena. Alat ini dapat membantu menghindari kesalahan dalam dosis dan kecepatan pemberian obat atau cairan, serta meningkatkan efisiensi dalam proses perawatan pasien.

apa itu suction pump

40. Suction Pump

Suction pump adalah alat medis yang digunakan untuk menghisap cairan atau benda asing dari dalam tubuh pasien melalui saluran pernapasan, saluran pencernaan, atau saluran kemih. Alat ini digunakan ketika pasien mengalami kesulitan bernafas, batuk atau muntah dengan cairan yang banyak, atau memiliki benda asing tertelan yang perlu dikeluarkan dari saluran pencernaan atau kemih.

Suction pump bekerja dengan cara menciptakan tekanan negatif di dalam saluran pernapasan, pencernaan, atau kemih pasien melalui selang dan kateter yang terpasang di dalam tubuh pasien. Alat ini dilengkapi dengan berbagai aksesori seperti selang, kateter, tabung, dan reservoir untuk menghisap dan menyimpan cairan atau benda asing yang dikeluarkan dari tubuh pasien.

Suction pump tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis, dari yang portabel hingga yang besar dan industri. Alat ini juga dilengkapi dengan berbagai sensor dan kontrol untuk memastikan tekanan negatif yang dihasilkan cukup aman dan efektif, serta memantau jumlah cairan atau benda asing yang telah dikeluarkan dari tubuh pasien.

Penggunaan suction pump sangat penting dalam memberikan perawatan yang tepat dan efektif pada pasien yang mengalami kesulitan bernafas, batuk atau muntah dengan cairan yang banyak, atau memiliki benda asing tertelan. Alat ini dapat membantu menghindari komplikasi serius seperti aspirasi dan mengurangi risiko infeksi atau kerusakan pada jaringan tubuh pasien.

 

Berlanjut ke Bagian Kedua.

 

klik di sini

Jual Alkes

 

 

Tags: , ,

Bagikan ke

Daftar Alat Medis Beserta Fungsinya – Bagian Pertama

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Kerja Troli Makanan Dengan Pemanas
21 June 2023

Pengertian Troli makanan di rumah sakit adalah peralatan yang digunakan untuk menyajikan dan mengirim makanan kepada pasien di fasilitas perawatan... selengkapnya

Furniture Alkes yang Biasa Ada Di Ruang Rawat Pasien
6 December 2023

Karakteristik Ruang Rawat Ruang rawat pasien adalah area di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya yang dirancang khusus untuk memberikan... selengkapnya

Brankar UGD – Brankar Ambulan
20 June 2023

Brankar ambulan adalah jenis brankar yang dirancang khusus untuk digunakan di dalam ambulans. Ini adalah brankar yang digunakan oleh petugas... selengkapnya

Tips serta Cara Penggunaan Tabung Oksigen Yang Baik dan Benar
8 May 2023

Tabung oksigen adalah wadah yang digunakan untuk menyimpan dan mengangkut oksigen dalam bentuk gas bertekanan tinggi. Tabung oksigen biasanya terbuat... selengkapnya

Beberapa Jenis dan Tipe Kursi Donor
2 May 2023

Pengertian Kursi donor adalah jenis kursi yang digunakan untuk donor darah. Kursi ini didesain khusus agar pendonor dapat duduk dengan... selengkapnya

Brankar Dorong UGD – Emergency Brancard Stainless
9 August 2023

Brankar dorong UGD merupakan brankar (atau tandu) yang digunakan di Unit Gawat Darurat (UGD) suatu rumah sakit atau fasilitas medis.... selengkapnya

Aneka Aksesoris Bed Pasien
7 May 2024

Bed Pasien merupakan ranjang atau tempat tidur yang digunakan pasien selama rawat inap atau pemulihan di rumah sakit atau fasilitas... selengkapnya

Kegunaan Waskom Stand dalam Dunia Medis
12 May 2023

Waskom adalah jenis wadah atau bak cuci tangan yang terbuat dari berbagai bahan seperti keramik, batu, atau logam. Waskom biasanya... selengkapnya

Troli EKG – Cara Praktis untuk Mobilisasi Peralatan EKG
2 April 2023

Troli EKG Troli EKG atau Troli Elektrokardiogram adalah sebuah alat medis yang digunakan untuk membawa peralatan elektrokardiogram (EKG) dari satu... selengkapnya

Bed Pasien ABS Deluxe 1 Crank
5 May 2023

Bed pasien adalah tempat tidur khusus yang digunakan untuk merawat pasien di rumah sakit, puskesmas, atau fasilitas medis lainnya. Bed... selengkapnya

Daftar Alat Medis Beserta Fungsinya – Bagian Pertama

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: