Beranda » Blog » Kelebihan Brankar Hi-Lo Dibandingkan Jenis Brankar Lainnya

Kelebihan Brankar Hi-Lo Dibandingkan Jenis Brankar Lainnya

Diposting pada 8 March 2024 oleh SulthanMedic / Dilihat: 33 kali / Kategori: ,

Brankar, stretcher, dan tandu adalah peralatan medis yang digunakan untuk memindahkan atau mengangkut orang yang terluka atau sakit dari satu tempat ke tempat lain. Meskipun fungsinya serupa, namun istilah ini dapat berbeda-beda tergantung pada konteks geografis atau bahasa yang digunakan. Berikut adalah penjelasan singkat tentang ketiganya:

1. Brankar: Istilah ini umumnya digunakan di Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara untuk merujuk pada tempat tidur atau ranjang yang digunakan untuk memindahkan pasien di rumah sakit atau dalam keadaan darurat. Brankar biasanya memiliki roda untuk memudahkan pergerakan.

2. Stretcher: Stretcher adalah istilah yang sering digunakan di Amerika Serikat dan beberapa negara Barat lainnya. Ini adalah konstruksi yang terbuat dari bahan yang kuat (biasanya logam atau plastik) dengan permukaan yang cukup besar untuk menopang pasien dengan aman. Stretcher biasanya dilengkapi dengan pegangan untuk memudahkan pengangkutan dan sering digunakan dalam situasi darurat atau evakuasi medis.

3. Tandu: Istilah ini sering digunakan di India dan beberapa wilayah Asia lainnya. Tandu adalah konstruksi sederhana yang terdiri dari dua batang atau tiang yang diikat bersama dengan kain atau tali, membentuk bingkai yang dapat digunakan untuk mengangkut pasien dengan memikulnya. Tandu sering digunakan di daerah pegunungan atau tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh kendaraan.

Perbedaan

Meskipun brankar, stretcher, dan tandu memiliki tujuan yang sama dalam memindahkan pasien yang terluka atau sakit, terdapat perbedaan dalam desain, material, dan penggunaan mereka:

1. Brankar

– Brankar sering kali merupakan tempat tidur yang dilengkapi dengan roda, biasanya terbuat dari logam atau plastik yang kuat.
– Brankar biasanya digunakan di lingkungan rumah sakit atau klinik medis untuk memindahkan pasien dari satu ruangan ke ruangan lain, atau untuk memindahkan pasien dari tempat tidur ke tempat tidur.
– Desainnya lebih cenderung untuk memberikan kenyamanan dan stabilitas bagi pasien yang mungkin berada dalam kondisi kritis atau rawan cedera.

2. Stretcher

– Stretcher biasanya terbuat dari bahan yang kokoh dan ringan seperti logam atau plastik, dengan permukaan yang cukup besar untuk menopang pasien dengan aman.
– Stretcher sering digunakan di situasi darurat, kecelakaan, atau bencana untuk memindahkan pasien dari lokasi ke lokasi yang lebih aman atau ke unit perawatan medis.
– Stretcher sering dilengkapi dengan pegangan dan sistem penyangga yang dapat dilipat untuk memudahkan pengangkutan pasien di medan yang sulit atau terbatas.

3. Tandu

– Tandu adalah konstruksi sederhana yang terdiri dari dua batang atau tiang yang diikat bersama dengan kain atau tali, membentuk bingkai yang dapat digunakan untuk mengangkut pasien dengan memikulnya.
– Tandu sering digunakan di daerah terpencil, pegunungan, atau tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh kendaraan.
– Desain tandu cenderung lebih ringan dan mudah dibongkar pasang, membuatnya ideal untuk situasi di mana aksesibilitas menjadi masalah.

Dengan demikian, perbedaan utama di antara ketiganya adalah dalam desain, material, dan penggunaan, yang tercermin dalam lingkungan medis dan situasi di mana mereka biasanya digunakan.

Brankar Hi-Lo

Ada berbagai jenis stretcher atau brankar yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya, termasuk stretcher lipat untuk mobilitas yang lebih baik dan stretcher dengan roda untuk transportasi yang lebih mudah.

Brankar Hi-Lo adalah jenis brankar yang memiliki kemampuan untuk diatur ketinggiannya, sering disebut juga sebagai stretcher elektrik atau mekanis. Fitur “Hi-Lo” mengacu pada kemampuan brankar untuk diangkat atau diturunkan ke tinggi yang berbeda sesuai kebutuhan medis atau penggunaannya. Ini memungkinkan petugas medis untuk mengatur tinggi brankar agar sesuai dengan tinggi yang nyaman untuk transfer pasien, pemeriksaan medis, atau prosedur lainnya.

Keuntungan dari brankar Hi-Lo antara lain:

1. Kemudahan Penyesuaian: Brankar Hi-Lo memungkinkan tinggi tempat tidur diatur sesuai dengan kebutuhan, baik untuk memudahkan pengangkatan pasien ke tempat lain, melakukan pemeriksaan medis yang lebih nyaman, atau memfasilitasi prosedur medis tertentu.

2. Kenyamanan Pasien: Dengan dapat menyesuaikan tinggi tempat tidur, pasien dapat ditempatkan dalam posisi yang lebih nyaman, baik saat istirahat maupun selama prosedur medis. Ini juga dapat membantu mengurangi potensi cedera pada petugas medis yang melakukan pengangkatan atau perawatan.

3. Kesesuaian dengan Kebutuhan Medis: Brankar Hi-Lo sering digunakan dalam berbagai setting medis, termasuk rumah sakit, unit gawat darurat, atau fasilitas perawatan jangka panjang, karena kemampuannya untuk menyesuaikan tinggi secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan medis yang berbeda.

Brankar Hi-Lo dapat dioperasikan secara manual, menggunakan mekanisme hidraulis, atau secara elektrik dengan tombol-tombol kontrol. Fitur ini sangat bermanfaat dalam menyediakan perawatan yang berkualitas dan nyaman bagi pasien serta memudahkan petugas medis dalam melaksanakan tugas mereka.

Beli Brankar, Stretcher dan tandu di bawah ini:

klik di sini

Tags: , , , , , , ,

Bagikan ke

Kelebihan Brankar Hi-Lo Dibandingkan Jenis Brankar Lainnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Pentingnya Fitur Pengamanan pada Ranjang/Bed Pasien
8 February 2023

Seorang pasien rawat inap di rumah sakit membutuhkan ketenangan dan kenyamanan selain perawatan medis dan obat-obatan. Karena itulah rumah sakit... selengkapnya

Bed Pasien ABS Deluxe 1 Crank
5 May 2023

Bed pasien adalah tempat tidur khusus yang digunakan untuk merawat pasien di rumah sakit, puskesmas, atau fasilitas medis lainnya. Bed... selengkapnya

Tipe-Tipe Troli Laundry di Rumah Sakit
17 April 2023

Troli laundry adalah alat yang digunakan untuk membawa dan menyimpan linen atau pakaian kotor dan bersih di lingkungan medis atau... selengkapnya

Medicine Trolley
13 April 2023

Medicine trolley atau troli obat adalah alat bergerak yang digunakan di berbagai fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, klinik, dan apotek... selengkapnya

Perawatan Bed Pasien Elektrik
21 December 2023

Bed pasien mengacu pada tempat tidur atau ranjang yang digunakan oleh pasien di rumah sakit atau fasilitas perawatan kesehatan. Bed... selengkapnya

Meja Kebidanan – Verlos Bed
21 July 2023

Istilah “verlos bed” merujuk pada “verlos room” atau “birthing room” dalam bahasa Inggris. Ini adalah ruang di rumah sakit atau... selengkapnya

Model dan Tipe Troli USG/EKG
6 April 2023

Troli USG/EKG adalah sebuah alat yang digunakan untuk membawa dan menyimpan peralatan medis seperti mesin USG atau EKG serta aksesori... selengkapnya

Bagian-Bagian Pada Bed Pasien
7 November 2023

Apa yang Dimaksud Dengan Bed Pasien? Terminologi bed pasien merujuk pada tempat atau fasilitas yang disediakan di rumah sakit atau... selengkapnya

Matras Anti Decubitus
28 July 2023

Pengertian Matras anti decubitus adalah jenis matras khusus yang dirancang untuk mencegah terbentuknya luka tekan atau dekubitus pada area tubuh... selengkapnya

Bed Pasien Elektrik 3 Crank
7 July 2023

Bed pasien elektrik 3 crank adalah jenis tempat tidur khusus yang digunakan di rumah sakit atau fasilitas perawatan medis untuk... selengkapnya

Kelebihan Brankar Hi-Lo Dibandingkan Jenis Brankar Lainnya

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: